Motivasi Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa

Fenomena banyaknya pengangguran yang semakin meningkat tiap harinya menjadi salah satu masalah sosial yang membutuhkan penyelesaian. Sedikitnya lapangan pekerjaan yang ada saat ini, menjadi alasan utama bertambahnya angka pengangguran di negara ini. Ditambah lagi beberapa pabrik atau industri yang banyak merumahkan karyawannya karena mengalami kebangkrutan.

Mulai Berwirausaha dengan Sikap Mental Berbeda

KOMPAS.com - Ketika seseorang mulai berbisnis, tentu banyak ketakutan dan kendala yang dihadapi. Takut kehilangan kemapanan sebagai pegawai, yang sudah pasti terima gaji pada setiap bulan, takut kehilangan fasilitas dari kantor, hingga takut tidak dapat memenuhi kehidupan keluarga. “Sebenarnya yang paling membuat orang tidak berdaya adalah mental,” ujar motivator dan wirausahawan Tung Desem Waringin.

Pemerintah Dorong Mahasiswa Berwirausaha

Pemerintah terus mendorong munculnya wirausaha-wirausaha baru di tanah air. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Syarief Hasan mengajak mahasiswa dan generasi muda agar mau menjadi wirausaha. Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah mengalokasikan anggaran hibah sebesar Rp 25 juta untuk mahasiswa yang memiliki business plan bagus. Dana tersebut akan dibagikan kepada 2.500 mahasiswa.

Hipmi PT Sulsel Canangkan Bulan Entrepreneur Muda

JAKARTA - Peringkat investment grade dari Fitch Ratings terhadap pemerintah Indonesia menimbulkan kekhawatiran baru. Peringkat ini, akan mengancam kedaulatan ekonomi, terutama jika generasi muda Indonesia tidak siap menjadi pemain utama. Berdasarkan hal tersebut, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi (Hipmi PT) Bakorda Sulawesi Selatan (Sulsel) mencanangkan Bulan Entrepreneur Muda.

Jumat, 21 Juni 2013

Perencanaan dan Hasil Operasional Usaha

Perencanaan dan Hasil Operasional Usaha

Perencanaan yang detail akan membuat kita lebih siap dalam menghadapi risiko. Perencanaan yang baik akan mendorong rasa percaya diri yang tinggi dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelolanya. Usaha yang sudah direncanakan dengan baikpun kadang kala mengalami kegagalan. Perencanaan yang baik harus dirumuskan dalam berpikir dengan SMART ( Specific, Measurable, Achievable, Reality, Trackable).
Selain dengn perencanaan SMART tersebut juga dengan penetuan lokasi dan fasilitas pendukung (layout), dengan menentukan lokasi yang strategis untuk menentukan keberhasilan suatu usaha. Selain itu juga harus menentukan pengorganisasian dan pengeloalaan sumber daya manusia yang dijalankan oleh manusia. Semua faktor produksi  berupa tanah, mesin dan bangunan tidak akan berhasil tanpa adanya manusia.
Struktur organisasi juga menggambarkan untuk mencapai tujuan yang efisien terdapat juga pendekatan mutu terhadap proses operasionalisasi wirausaha yang memperhatikan mutu dalam proses produksi, pelayanan dan manajemen konsep mutu yang erkembang yaitu Total Quality Management (TQM), yaitu adanya kemauan dalam melakukan perbaikan secara terus-menerus yang melibatkan karyawan untuk mencapai kualitas yang 'excellent' selain itu juga harus dibutuhkan seorang pemimpin wirausaha untuk bisa memotivasi orang lain.

Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha

Mengenali Peluang dan Memilih Jenis Usaha

Banyak pengusaha yang mengawali usahanya dalam situasi yang serba sulit. kondisi yang tidak pasti dan akhirnya frustasi, atau bahkan hanya menunggu tidak melakukan apapun. ada cara agar kita berusaha mewujudkan impian menjadi orang sukses, kita tidak perlu harus membuat usaha yang terlalu muluk, cukup sederhana saja, caranya mengggunakan analisis terhadap kelemahan, kekuatan, peluang dan ancama atau dapat disebut dengan analisis SWOT.
Melihat sumber bisnis ide bisnis yang sangat banyak tidak mungkin dapat melaksanakna seluruhnya. beberapa langkah untuk mengenali dan memilih peluang bisnis antara lain :
- tentukan tujuan dan arah bisnis
- buat daftar ide usaha
- nilai kemampuan pribadi
- pilih kriteria
- membandingkan dan dapatkan saran dari perusahaan, konsultan atau metor.
- nilai keadaan bisnis saat ini dan masa mendatang melalui riset
- tetapkan pilihan
Ada beberapa cara untuk memulai bisnis yaitu :
- memulai bisnis baru
- membeli bisnis yang sudah ada
- mengembangkan bisnis yang sudah ada
- meilih usaha franchise
Apabila kita ingin mendirikan suatu bisnis maka kita akan memilih bentuk paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki. Bila ingin sukses menjadi pengusaha waralaba, tajamkan mata, lidah rasa dan telinga secara jeli dan ketukan dalam menterjemahkan mimpi besar kedalam tindakan nyata.